3 Bulan Menjabat, Anies dan Sandi Berhasil Penuhi 10 Janji Kampanyenya, Ini Buktinya..

3 Bulan Menjabat, Anies dan Sandi Berhasil Penuhi 10 Janji Kampanyenya, Ini Buktinya..
3 Bulan Menjabat, Anies dan Sandi Berhasil Penuhi 10 Janji Kampanyenya, Ini Buktinya..

Kabarsatu- Acungan jempol patut kita berikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah menjabat selama tiga bulan sejak dilantik pada hari Senin, (16/10/2017).

Siapa sangka selama tiga bulan kepemimpinannya prestasi luar biasa telah ditorehnya, mereka telah berhasil menjalankan 10 janji-janji kampanye-nya.

Meski menuai pro kontra, namun kesepuluh program itu kini mulai dijalankan secara konsisten.

Berikut rangkuman 10 kinerja Anies-Sandi yang telah dilakukan seperti janji masa kampanyenya.

1. Tutup Alexis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung soal penutupan Griya Pijat dan Hotel Alexis saat bersilaturahmi bersama para tokoh pemuka agama di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Di hadapan tokoh lintas agama itu, Anies menjelaskan bahwa dia ingin menghadirkan standar moral yang tinggi di Ibu Kota.

"Kami tidak ingin Jakarta kompromi terhadap praktik-praktik yang tidak sesuai (aturan). Karena itu, baru seminggu (menjabat), salah satu tempat yang paling terkenal (Alexis) tidak kami teruskan izin operasinya," ujar Anies saat menyampaikan sambutan yang dilansir dari Kompas.com

"Kami tidak ingin Jakarta kompromi terhadap praktik-praktik yang tidak sesuai (aturan). Karena itu, baru seminggu (salah), salah satu tempat yang paling terkenal (Alexis) tidak kami teruskan izin operasinya," kata Anies saat ini.

Anies mengatakan, keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk tidak membekukan Alexis sempat ramai diperbincangkan.

Ada pihak yang pro dan kontra terhadap keputusan itu.

"Kalau yang terkait (manajemen Alexis) diterima, kenapa yang lain tidak menerima," kata dia.

2. Menata PKL

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menata kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai Jumat (22/12/2017).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga berupaya menguntungkan semua pihak dalam menata Tanah Abang.

Pedagang kaki lima (PKL) difasilitasi berjualan, pejalan kaki leluasa berjalan di trotoar yang steril, hingga ojek pangkalan dan ojek online yang diberi lahan parkir agar lebih tertib menunggu penumpang.

Dalam penataan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Jalan Jatibaru Raya di depan Stasiun Tanah Abang, mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00.

Satu ruas jalan digunakan sebagai tempat berdagang para PKL, sedangkan ruas jalan lainnya digunakan untuk transjakarta.

Kendaraan umum dan kendaraan pribadi selain transjakarta dilarang melintas selama waktu tersebut.

3. KJP Plus

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus yang menjadi janji kampanyenya bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan direalisasikan mulai 2018.

Dia meminta Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto segera menghadirkan program itu tahun depan.

"2018 kan APBD-nya sekarang harus dibahas kembali dan kita pastikan program itu masuk di APBD 2018," ujar Sandi di Kantor Dinas Pendidikan, Kamis (19/10/2017).

Sandi mengatakan, program KJP Plus tidak bisa direalisasikan langsung setelah dia dan Anies dilantik. Sebab, APBD Perubahan sudah ditetapkan oleh DPRD DKI Jakarta.

"Di 2017 ini sudah diketok ya perubahannya dan kita mungkin hanya bisa sosialisasi dulu kali ya," kata Sandi yang dilansir dari Kompas.com

Sandi berharap program KJP Plus itu tepat sasaran, yakni untuk warga tidak mampu. Dengan KJP Plus, dia berharap anak-anak tidak mampu bisa menyelesaikan pendidikannya.

4. OK Otrip

Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta menggelar acara soft launching program one karcis one trip (OK Otrip) hari ini, Kamis (14/12/2017). Acara digelar di pendopo Balai Kota DKI Jakarta.

Program ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Selain meluncurkan program ini, dilakukan juga simulasi program Ok Otrip.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah, mengatakan, setelah diluncurkannya program ini, akan dilakukan uji coba program selama tiga bulan terhitung mulai pertengahan Januari 2018 hingga April 2018.

5. Rumah Dp 0 persen

Janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait program rumah DP 0 persen saat kampenye Pilkada DKI 2017 mulai terlihat pembuktiannya.

Pada Kamis (18/1/2018), Anies melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama rumah DP 0 persen di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Melansir dari Kompas.com, pada tahap awal, akan dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21 di kawasan tersebut.

6. Oke Oce

Wakil Gubernur DKI terpilih, Sandiaga Uno, meresmikan pembukaan OK OCE Mart Kopkar di Yayasan Pesantren Islam (YAPI), Rawamangun, Jakarta Timur, sebagai hasil dari jerih payah siswa-siswi mereka.

7. Pajak Lebihi Target

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, penerimaan pajak Pemprov DKI Jakarta tahun 2018 melampaui target.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan penerimaan pajak dan retribusi daerah tahun 2018 sebesar Rp 38,125 triliun.

"Saya bilang sama Pak Edi, kalau bisa kita kejar Rp 40 triliun, tetapi sekarang ini saya baru mulai, artinya potensi penerimaan pajak yang seharusnya masuk selama ini belum terukur," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Anies sempat menyampaikan keyakinannya bahwa penerimaan pajak DKI tahun 2018 akan tinggi.

8. Bolehkan motor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin kendaraan roda dua atau sepeda motor bisa jalan Jalan MH Thamrin lagi. Dia mau warga Jakarta bisa akses seluruh jalan di Jakarta.

"Jadi, komit yang sudah ada agar bisa agar bisa menampung kendaraan kita. Kami ingin memastikan seluruh areal di Jakarta ini bisa diakses oleh warganya, baik yang roda dua, roda empat, atau lebih," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (6/11/2017).

9. Monas Bebas

Anies-Sandi memperbolehkan kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk kegiatan keagamaan, budaya, dan seni, yang sebelumnya dilarang.

Keputusan tersebut tertuang dalam, Peraturan Gubernur (Pergub) No. 186 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 160 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Kawasan Monumen Nasional, akhirnya ditetapkan kembali bahwa Monas bisa digunakan lagi untuk kegiatan pendidikan, sosial, budaya, dan keagamaan.

Dibukanya kawasan monas untuk kegiatan agama dan budaya ditandai dengan pagelaran kirab kebudayaan di Kawasan Monas, pada Minggu, (26/11/2017) pagi.

10. Ijinkan becak

Anies Baswedan, mengatakan bahwa dirinya akan memberikan jalur khusus bagi para becak di DKI Jakarta.

Lantas hal ini menjadi polemik di tengah masyarakat dan mengundang pro kontra di tengah masyarakat.

Anies menegaskan bahwa rencananya tersebut tidak seperti dibayangan masyarakat untuk menghidupkan kembali di jalan-jalan utama di Jakarta.

"Ini biasa dipakai di kampung-kampung untuk belanja, anak yang sekolahnya dekat. Banyak dari kita kalau dibilang becak ingatnya tahun dulu dan membayangkannya di jalan utama. Tidak. Justru ini tidak sama sekali," tutur Anies.

Pengaturan ini pun ditegaskan Anies bahwa bukannya menghadirkan kembali becak di Jakarta melainkan mengatur becak yang sudah ada.

"Saya garis bawahi ini bukan mengundang becak baris tapi mengatur yang sudah ada. Bahwa dengan pendekatan yang kita lakukan kita mengantisipasi perubahan paradigma," ujar Anies yang dilansir dari Tribunnews.com.(aya/tbn)

 sumber:TribunWow
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.