VIDEO: Detik-detik Pagoda Kayu (Sembilan Naga) Tertinggi Asia di Cina Ludes Jadi Debu

VIDEO: Detik-detik Pagoda Kayu (Sembilan Naga) Tertinggi Asia di Cina Ludes Jadi Debu
VIDEO: Detik-detik Pagoda Kayu (Sembilan Naga) tertinggi Asia di Cina Ludes Jadi Debu

Kabarsatu- Kebakaran hebat merobohkan pagoda kayu tertinggi di Asia yang berada di China pada Senin (11/12). Bencana ini membuat pagoda yang dibuat di zaman Dinasti Ming itu ambruk.

Dalam rekaman yang dipublikasi oleh stasiun berita CCTV, terlihat api berkobar ganas melahap pagoda Menara Linguan di kota Mianzhu, provinsi Sichuan.

Menurut laporan People's Daily, kebakaran pertama kali terjadi sekitar pukul 12 siang di bangunan utama Kuil Buddha Sembilan Naga itu. Akibat angin kencang, api mengarah ke pagoda dan bangunan kuil lainnya.

Api dengan cepat merambat ke seluruh bagian pagoda 16 lantai itu dan merontokkannya. Hanya tersisa pondasi batu dari pagoda tersebut setelah api berhasil dijinakkan.

Pagoda Linguan pertama kali dibangun di zaman Dinasti Ming antara tahun 1368 hingga 1644 dalam pemerintahan Kaisar Chongzhen. Menara pagoda mengalami kerusakan parah dalam gempa Sichuan pada 2008.

Butuh waktu tujuh tahun untuk merestorasi bangunan tersebut. Saat ini pun, upaya restorasi masih belum rampung sepenuhnya.

Pemerintah kota Mianzhu masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Berikut Videonya..



(aya/kumparan)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.