Koalisi PDIP-PKB Yakin Gus Ipul-Anas Menang Besar di Pilkada Jatim

Koalisi PDIP-PKB Yakin Gus Ipul-Anas Menang Besar di Pilkada Jatim
Koalisi PDIP-PKB Yakin Gus Ipul-Anas Menang Besar di Pilkada Jatim

Kabarsatu- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjadi partai pengusung duet bakal calon gubernur (bacagub) Saifullah Yusuf dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Abdulah Azwar Anas, terus memanaskan mesin partai. Kedua partai rajin bertemu konstituen untuk mengenalkan duet yang memiliki latar belakang sebagai kader nahdliyin ini.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menegaskan, pasangan Gus Ipul-Mas Anas menargetkan 70 persen suara di Kabupaten Pasuruan. Pasangan ini menurut politisi yang akrab disapa Mas Dion itu, lebih diuntungkan di Pasuruan.

Diketahui, Gus Ipul (Saifullah Yusuf) merupakan putra daerah, karena ia lahir di Purwosari. Selain itu, sosok Gus Ipul yang humble, mudah diterima seluruh lapisan masyarakat.

“Apalagi, masyarakat Kabupaten Pasuruan mayoritas adalah warga nahdliyin. PKB adalah partai yang lahir dari rahim NU. “Karena itu kami optimistis kalau pasangan ini bisa meraih 70 persen suara,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan itu menjelaskan, akan ada deklarasi akbar antara PKB dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat dari kalangan NU. Deklarasi akan dilakukan setelah pasangan ini mendaftar di KPU Jatim.

“Saya yakin, NU dengan banom-banomnya (badan otonom, Red), all out mendukung Gus Ipul dan Mas Anas,” katanya.

Untuk pembentukan tim secara formal antara PKB dan PDIP, Mas Dion mengakui belum terbentuk. Namun, internal PKB sudah melakukan konsolidasi untuk pemenangan pasangan ini hingga tingkat dusun. Minggu (3/12), menurut Dion, adalah konsolidasi kedelapan kalinya untuk memaksimalkan pemenangan Gus Ipul-Anas.

“Besok (Senin, 4/12, Red), akan dilakukan konsolidasi kesembilan kalinya atau putaran terakhir. Kami akan tuntaskan di 3 kecamatan. Yakni, Grati, Winongan, dan Lumbang,” jelasnya.

Setiap dusun nantinya akan dipilih 2 koordinator untuk menjalankan tugas pemenangan. Nantinya, mengerucut hingga tim sukses tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

DPC PDIP Kabupaten Pasuruan juga gencar mensosialisasikan pasangan yang mengenalkan jargon “Jatim Adem” ini. Ketua DPC PDIP setempat, Andri Wahyudi juga sudah mengenalkan Azwar Anas pada seluruh kader partai berlambang banteng dengan moncong putih itu.

“Kegiatan reses DPR-RI, DPRD Jatim, maupun DPRD Kabupaten Pasuruan, kami manfaatkan untuk serap aspirasi sekaligus mengenalkan calon kami. Kami sudah keliling sampai tingkat ranting, untuk bertemu tokoh agama dan tokoh masyarakat,” tegas anggota DPRD Kabupaten Pasuruan itu.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan, Pranoto menerangkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi setelah Gus Ipul dan Azwar Anas mendapatkan rekomendasi dari partai. Anas yang juga berkunjung ke Kota Pasuruan, juga sudah menyampaikan visi misinya di hadapan seluruh kader.

“Selanjutnya, kami akan siapkan tim sukses untuk mengenalkan pasangan calon yang kami usung. Terutama mengenalkan program dan terobosan yang selama ini sudah dilakukan. Khusus untuk Mas Anas, kesuksesan dia memimpin Banyuwangi, akan menjadi modal positif untuk menjaring pemilih,” jelasnya.

Bagaimana dengan DPC PKB Kota Pasuruan? Menurut Ismail Marzuki Hasan, sekretaris DPC PKB Kota Pasuruan, meski belum mendapatkan instruksi dari DPW PKB, partai sudah mulai berkomunikasi dengan tokoh agama maupun tokoh masyarakat. Terutama mengenalkan sosok Anas yang memang menjadi salah satu kader terbaik nahdliyin.

Di Probolinggo, DPC PKB Kabupaten Probolinggo mengaku sudah membentuk tim pemenangan hingga tingkat koordinator kecamatan (korcam). Termasuk membentuk tim perempuan bangsa. Dimana, sasaran utamanya adalah suara perempuan, pemilih pemula, komunitas, sampai kalangan petani.

“Kami rencanakan Januari sudah terbentuk tim koordinator hingga tingkat desa (kordes, Red). Selama ini, kami juga mengoptimalkan media sosial untuk memassifkan kampanye pasangan Gus Ipul dan Mas Anas,” terang bendahara DPC PKB setempat, Usman.

Upaya yang sama juga dilakukan DPC PDIP Kabupaten Probolinggo. Sembari menunggu format pemenangan dari DPD PDIP Jatim, internal partai sudah mengkampanyekan duet politisi berlatarbelakang aktivis ini.

“Kami menyasar semua potensi pemilih. Gus Ipul selama ini sudah dikenal, begitu pula Mas Anas. Ini memudahkan kami untuk mengenalkan kandidat yang kami usung,” ujar Ketua DPC PDIP yang juga Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko.

Sementara itu, Ali Muhtar, ketua Fraksi PKB DPRD Kota Probolinggo, menyatakan komitmen yang sama untuk memenangkan Gus Ipul-Anas. “Koordinasi sudah kami lakukan untuk pemenangan bacagub dan bacawagub. Kami wajib memenangkan duet pasangan ini,” terangnya.

Agus Rianto, sekretaris DPC PDIP Kota Probolinggo menegaskan, pihaknya terus mengkampanyekan duet politisi yang punya pengalaman segudang di birokrasi itu. Azwar Anas juga sudah datang berkunjung ke Kota Probolinggo untuk menyamakan persepsi dengan internal DPC PDIP setempat.

 “Selanjutnya, kami menunggu langkah tim pemenangan di DPD,” katanya.(aya/jpg)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.