Gubernur DKI Anies Baswedan Tarik Kembali Raperda Reklamasi

Gubernur DKI Anies Baswedan Tarik Kembali Raperda Reklamasi
Gubernur DKI Anies Baswedan Tarik Kembali Raperda Reklamasi

Kabarsatu- Perlahan-lahan sinyal untuk memberhentikan Reklamasi mulai dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Rancangan Peraturan Daerah soal Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta tidak masuk dalam program legislasi daerah (prolegda) yang akan dibahas bersama DPRD di tahun 2018. Pembahasan raperda yang diusulkan oleh eksekutif itu kembali tertunda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik kembali raperda dengan alasan ingin melakukan review keseluruhan. Sebelumnya, Raperda dikirim pada masa pemerintahan Djarot Saiful Hidayat.

“Raperda itu kami yang tarik. Ditarik (lagi dari pembahasan). Enggak disebut kenapa, cuma ditarik sementara, bunyi suratnya itu penarikan untuk di-review,” kata Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah, Selasa (5/12). Padahal, pembahasan raperda di DPRD DKI Jakarta sudah di tahapan penelitian akhir.

Perlu diketahui sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun bergerak cepat dengan mengirim surat ke DPRD melanjutkan pembahasan rancangan perda reklamasi yang sempat tertunda diakhir massa jabatannya yang tersisa.

"Kita tadi surat kepada DPRD dan surat kepada Menteri ATR (Agraria dan Tata Ruang) sudah ditandatangani oleh Pak Gubernur, kita segera layangkan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuty Kusumawati di Bali Kota, Jumat (6/10).

Surat kepada DPRD DKI, lanjut Tuty, terkait permohonan rancangan perda tentang reklamasi untuk segera dibahas dan disetujui bersama melalui rapat paripurna. Sementara itu, kata dia, surat ke Menteri ATR yakni persetujuan substansi reklamasi itu sendiri. Namun, Tuty tak menjelaskan yang dimaksud substansi.

"Kita kirim hari ini, tadi baru ditandatangani. Tadi barusan di ruang rapim (rapat pimpinan) sambil kita sodorin tanda tangan, kan kita proses penomorannya, capnya, kelengkapan lampirannya," ujar Tuty.

Alhamdulillah sekarang Gubernur Anies telah menarik kembali Raperda Reklamasi tersbut.(aya/gatra/republika)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.