Gempa Tasikmalaya Bangunkan Warga Semarang yang Lagi Tidur Pulas

Gempa Tasikmalaya Bangunkan Warga Semarang yang Lagi Tidur Pulas
Gempa Tasikmalaya Bangunkan Warga Semarang yang Lagi Tidur Pulas

Kabarsatu- Warga Semarang Jawa Tengah dikagetkan dengan goyangan gempa yang terjadi selama kurang lebih 30 detik. Bahkan, warga yang telah terlelap tidur juga ikut terbangun dan keluar rumah untuk memastikan peristiwa yang dialaminya.

"Lumayan kerasa tadi (gempa). Kaget akhirnya terbangun dan keluar rumah melihat kondisi sekitar. Alhamdulilllah tidak ada kerusakan," ujar Enih Nurhaeni, warga Banyumanik Semarang, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Menurutnya, seketika langsung menghubungi keluarga besarnya untuk memastikan keselamatan masing-masing. "Kelihatannya di Semarang juga merata, pada kerasa. Tlogosari, Indraprasta, Tembalang katanya juga terasa ada gempa," lugasnya.

Tak hanya di Semarang, gempa juga mengagetkan warga Grobogan. Awalnya mereka mengetahui terjadi gempa dari sejumlah sangkar burung yang digantung dalam rumah, mendadak bergoyang sendiri.

"Kerasa banget gempanya. Tadi sangkar burung goyang-goyang sendiri. Ini kebetulan pas saya duduk-duduk di ruang tamu, kok semua pada goyang. Kelihatannya kurang lebih satu menitan gempanya, tepat tengah malam. Sampai sekarang malah belum bisa tidur," ujar Gus Zaenal.

Sekedar diketahui, BMKG telah melaporkan gempabumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 120 km pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.47.58 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak dari gempa tersebut, telah mengakibatkan satu orang meninggal dan dua orang luka-luka.

Beberapa daerah juga dilpaorkan merasakan gempa yang memiliki potensi tsunami itu dianataranya, Malang, Nganjuk, Kediri Jawa Timur, Cilacap, Banyumas. Bahkan getaran gempa dirasakan di Jakarta, psaat terjadi gempa karyawan di Gedung MNCNews Centre yang berada di lantai 12 langsung turun melalui tangga darurat.(aya/ok)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.