Gempa 7.3 SR, Ruang Radiologi dan Ruang Talasemia RSUD Banyumas Rusak

Gempa 7.3 SR, Ruang Radiologi dan Ruang Talasemia RSUD Banyumas Rusak
Gempa 7.3 SR, Ruang Radiologi dan Ruang Talasemia RSUD Banyumas Rusak

Kabarsatu- Ruang Radiologi dan Ruang Talasemia RSUD Banyumas mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi pada Jumat 15 Desember 2017 pada pukul 23.47 WIB.

Guncangan gempa yang terjadi sekitar 20 detik itu mengakibatkan dinding di ruangan tersebut mengelupas dan rontok. Terjadi pula langit-langit yang runtuh.

Beberapa alat di ruangan tersebut terkena runtuhan langit-langit yang ambrol. Alat tersebut antara lain alat CT scan dan alat cuci darah.

Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas, Bambang Widoyoko mengatakan ketika terjadi gempa, pasien di rumah sakit langsung dievakuasi keluar.

"Sebanyak 53 pasien dievakuasi ke luar. Setelah menunggu hingga satu jam dan tidak terjadi gempa susulan, pasien kami evakuasi ke ruang ICU yang kami rasa lebih aman," kata Bambang.

Bambang mengatakan, pihaknya mengosongkan sementara Ruang Radiologi dan Ruang Talasemia demi keamanan pasien. Demi menghindari hal-hal tidak terduga, ruang Teratai kelas 3 yang dekat dengan Ruang Talasemia juga dikosongkan.

Terkait alat-alat yang terkena runtuhan langit-langit, Bambang mengatakan akan melakukan pemeriksaan kelayakan alat.

"Kami akan periksa dulu. Kalau aman, kita gunakan untuk pengobatan. Kalau rusak, kemungkinan pasien yang perlu menggunakan alat tersebut akan kita rujuk ke Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto.

Sebelumnya, BMKG telah melaporkan gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 120 km pada Jumat (16/12/2017) pukul 23.47.58 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak dari gempa tersebut, telah mengakibatkan satu orang meninggal dan dua orang luka-luka.(aya/ok)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.