Gempa 6,9 SR di Tasikmalaya Satu Orang Meninggal

Gempa 6,9 SR di Tasikmalaya Satu Orang Meninggal
Gempa 6,9 SR di Tasikmalaya Satu Orang Meninggal

Kabarsatu- BMKG telah melaporkan gempabumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 120 km pada Jumat (16/12/2017) pukul 23.47.58 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak dari gempa tersebut, telah mengakibatkan satu orang meninggal dan dua orang luka-luka.

"Di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis terdapat beberapa rumah ambruk dan rusak. Satu orang meninggal dunia Hj. Dede Lutfi, (62) dan 2 luka-luka tertimpa bangunan roboh," ujar Sutopo dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2017).

Ia menjelaskan, di Kabupaten Pangandaran terdapat 3 rumah rusak berat dan 3 rumah rusak ringan beberapa kerusakan rumah di Kecamatan Cimerak, Kecamatan Pangandaran, dan Kecamatan Sidamulih. Dan di Banyumas terdapat 6 rumah rusak berat dan kerusakan di RSUD Banyumas, tembok retak dan pasien dievakuasi ke luar bangunan.

"Di Kebumen terdapat 2 orang luka-luka tertimpa rumah roboh. Di Kecamatan Ajibarang Banyumas terdapat 1 rumah roboh. Dan  di Kota Pekalongan terdapat 1 orang luka-luka terimpa bangunan roboh," tuturnya

Hingga Sabtu (16/12/2017) pukul 01.15 WIB peringatan dini tsunami belum diakhiri. Pendataan masih dilakukan. "Update akan disampaikan lebih lanjut," tukasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui data kekuatan gempa. Awalnya kekuatan gempa tercatat sebesar 7,3 SR. BMKG meralat kekuatan gempa sebesar 6,9 SR, lokasinya di Tasikmalaya tepatnya di 7,75 LS dan 108,11 bujur timur sekira 11 kilo meter barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya. Gempa terjadi di laut dengan kedalam 107 kilometer dibawah permukaan laut.(aya/ok)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.