Gubernur Anies Undang Warga DKI Ikut Tausiah Kebangsaan di Monas

Gubernur Anies Undang Warga DKI Ikut Tausiah Kebangsaan di Monas
Gubernur Anies Undang Warga DKI Ikut Tausiah Kebangsaan di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan pihaknya bakal menggelar acara tausiyah keagamaan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu 26 September 2017.

"Kita akan menyelenggarakan kegiatan di hari Ahad 26 November dengan mengadakan Tausiah kebangsaan. Insya Allah akan dilakukan di hari Minggu malam di Monas," ujarnya di Masjid Attaqwa Attahoriyah, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku dalam kegiatan itu Pemprov DKI mengundang seluruh warga Ibu Kota untuk turut serta dalam acara tersebut. Ia mengatakan, kegiatan itu sebagai perayaan dibukannya kembali ikon Jakarta tersebut untuk kepentingan umum.

"Sekaligus ini menandakan dibukanya kembali Monas untuk kegiatan-kegiatan yang lengkap. Termasuk kegiatan kebudayaan sekarang boleh, keagamaan juga boleh," imbuhnya.

Ketika disinggung apakah telah mencabut peraturan gubernur (Pergub) terdahulu, kata Anies, pihaknya tak lakukan hal itu. Ia menjelaskan, pihaknya hanya melakukan penambahan, dimana sekarang diizinkan juga untuk acara kebudayaan, pendidikan dan keagamaan.

"Tidak ada, cuma penambahan aja. Kalau kemarin hanya digunakan untuk acara kenegaraan dan lain-lain diberikan. Kalau sekarang boleh acara kebudayaan, pendidikan dan keagaman," pungkasnya.

Sekadar informasi, sebuah peraturan mengkategorikan lokasi Monas dan sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan, Utara, Barat, dan Selatan ke dalam zona netral. Peraturan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 1995 tentang

Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di wilayah DKI Jakarta, termasuk Monas.

Aturan tersebut dibuat turunannya berupa Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2004. Pada kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, terbit prosedur pemanfaatan area Monas Nomor 8 Tahun 2015.(anya/ok)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.