Ancam Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional, Pengacara Novanto Diketawai Mahfud MD

Ancam Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional, Pengacara Novanto Diketawai Mahfud MD
Ancam Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional, Pengacara Novanto Diketawai Mahfud MD

KPK resmi menahan Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP selama 20 hari ke depan. Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, mempertanyakan wewenang KPK terkait penahanan tersebut.

"Ya, itu kan dia boleh omong sesuka dia kan, ya sekarang saya kembalikan, sejak kapan KPK punya wewenang dan berdasarkan undang-undang apa, pasal berapa, bisa menahan orang yang tanpa diperiksa," kata Fredrich di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2017).

Penahanan Novanto dalam kondisi sakit juga dikritiknya. Menurutnya, penahanan ini sebagai pelanggaran HAM. Fredrich berencana menuntut penahanan kliennya ini ke pengadilan HAM internasional.

"Kemudian juga dalam keadaan sakit cukup serius. Ini kan berarti pelanggaran HAM internasional yang di mana jelas, saya sudah lihat caranya kerja begini. Kami sudah merencanakan kita akan menuntut di pengadilan HAM internasional. Jadi saya persiapkan dalam waktu segera," tuturnya.

Fredrich menolak menandatangani surat penahanan yang ditunjukkan oleh penyidik KPK. Penolakan itu dilakukan karena, menurutnya, tak ada alasan hukum.

"Kan mereka maksa supaya kita menandatangani dan kita menolak. Jadi sekarang menyatakan sudah itu kan sepihak mereka, kita tidak pernah dalam hal ini menerima karena itu ada pelanggaran HAM dan tidak ada alasan hukum," ucap dia.

Fredrich sempat berdebat dengan penyidik KPK atas penahanan ini. Dia mempertanyakan alasan hukum atas penahanan Novanto.

"Saya tanya sama penyidik, 'Hak apa Saudara menahan klien saya?' (Dijawab) 'Saya kan punya kuasa.' Lo, saya tanya, 'UU nomor berapa?' Saya tanya, 'Sekarang UU Hukum Acara Pidana Tahun 81 apakah berlaku untuk KPK?' (Dijawab) 'Berlaku'. 'La, tolong sebutkan, saya kok saya cari-cari nggak ketemu yang bisa menahan orang dalam (kondisi) belum diperiksa dan langsung ditahan dan keadaan sakit cukup serius?'. Nggak bisa jawab. 'Ya, pokoknya saya punya kuasa.' Ini jawaban penyidik KPK," bebernya.

Menanggapi adanya ancaman dari pengacara Novanto yang akan menuntut KPK melalui pengadilan HAM internasional.Pakar hukum sekaligus mantan ketua MK Prof Mahfud MD malah mengetawai pernyataan lucu yang dilontarkan oleh pengacara Novanto Fredrich Yunadi.

Mahfud menilai bahwa pengacara Novanto, Freidrick tidak paham apa  fungsi Pengadilan HAM Internasional

"Pngcara Novanto akan Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional -- Ha3x Freidrick tak tahu fungsi Pengadilan HAM Int" ungkap Mahfud melalui akun twitternya Sabtu 18/11/2017.


(anya/dk)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.