Luhut: Gak ada Alasan Moratorium Reklamasi Gak Dicabut

Luhut: Gak ada Alasan Moratorium Reklamasi Gak Dicabut
Luhut: Gak ada Alasan Moratorium Reklamasi Gak Dicabut

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dirinya mempunyai alasan kuat mencabut moratorium reklamasi di Teluk Jakarta.

Reklamasi di Teluk Jakarta sebelumnya dimoratorium oleh Mantan Menko Maritim Rizal Ramli.

Luhut mengatakan, pencabutan morotarium reklamasi sebab, dirinya berpegang pada pencabutan sanksi kepada dua pengembang yang sebelumnya dijatuhkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Ia mengklaim pencabutan morotarium tidak asal keputusan. Luhut mengaku, pihaknya sudah melakukan serangkaian rapat dan kordinasi dengan pihak yang terkait dalam membuat keputusan ini. Keterlibatan KKP, Kementerian LHK dan Pihak PLN serta Pertamina yang juga bersinggungan dengan wilayah reklamasi juga sudah dilakukan.

"Itu sebelumnya, Menteri LHK sudah cabut sanksi yang tadinya dijatuhkan kepada pengembang itu. Pihak pengembang juga sudah menyanggupi untuk memenuhi syarat syarat yang diajukan pemerintah untuk bisa melanjutkan reklamasi. Lalu buat apa apa morotarium gak dicabut," ujar Luhut di Kantornya saat acara Coffee Morning, Selasa (17/10/2017).

Luhut menjelaskan, surat pencabutan morotarium yang ia tandatangani pada 5 Oktober 2017 lalu memang sudah menjadi kesepakatan bersama. Pihak Kementerian KKP dan LHK juga sudah menyetujui hal tersebut. Persoalan yang sempat mengemuka seperti rekayasa listrik dan alur air dingin untuk FSR PLN juga sudah diselesaikan dengan rekayasa teknologi.

"Ini yang terlibat banyak kali, Korea, Belanda, Jepang, PLN, Pertamina. Jadi gak ada alasan lagi kenapa harus gak dicabut," tandasnya.(aya/rtp)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.