Investasi Naik Tapi Tak Serap Banyak Pekerja Lokal, Kenapa?

 Investasi Naik Tapi Tak Serap Banyak Pekerja Lokal, Kenapa?
 Investasi Naik Tapi Tak Serap Banyak Pekerja Lokal, Kenapa?

Realisasi investasi pada kuartal III-2017 mencapai Rp 176,6 triliun atau meningkat 3,4% dibandingkan kuartal sebelumnya. Namun sayangnya itu berbanding terbalik dengan penyerapan tenaga kerja.

Dalam data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), penyerapan tenaga kerja di periode yang sama hanya 286.497 orang. Sementara kuartal sebelumnya mampu mencapai 345.323 orang.

"Kami mencatat pertumbuhan itu berdasarkan investasi yang masuk. Ya mungkin banyak investasi tapi tidak serta merta membutuhkan banyak tenaga kerja," kata Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, dalam paparan realisasi investasi di kantor BKPM, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Azhar menjelaskan, selama ini memang ada investasi besar namun tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Kemudian juga ada investasi yang tidak terlalu besar tapi membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

"Jangan dilihat dari banyaknya investasi, tapi harus dilihat padat modal atau tidak," jelas dia.

Jika dilihat dari jenis penanaman modalnya seperti Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) penyerapan tenaga kerja per triwulan III-2017 tercatat 109.711 meningkat dibandingkan periode triwulan III-2016 sebesar 92.017.

Kemudian untuk penanaman modal asing (PMA) penyerapan tenaga kerja tercatat 176.786 meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 184.006.

Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong, mengatakan ketenagakerjaan merupakan salah satu isu yang penting dalam investasi. Menurut dia, saat ini di tengah investasi yang melonjak, sering terbentur dengan keterbatasan SDM yang ada di dalam negeri.

"Sehingga kita harus mendatangkan banyak pelatih dari luar negeri seperti Australia, Tiongkok, Eropa hingga Timur Tengah," ujarnya.

Menurut Lembong dengan perbaikan infrastruktur, Indonesia bisa menjadi salah satu negara tujuan investasi dari luar negeri. (anya/dk)
sumber:detik
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.