Ingatkan Anies-Sandi, Komnas HAM: Jangan seperti Mantan Gubernur Ahok

Ingatkan Anies-Sandi, Komnas HAM: Jangan seperti Mantan Gubernur Ahok
Ingatkan Anies-Sandi, Komnas HAM: Jangan seperti Mantan Gubernur Ahok

Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution menegaskan bahwa jika Anies-Sandi dilantik, harus mampu menegakkan hukum yang berkeadilan. Sebab, itu adalah janji politik pasangan tersebut.

“Hak atas kepastian hukum dan hak atas keadilan harus terpenuhi. Soal komitmennya mewujudkan pembangunan Jakarta yang berkeadilan yang bebas korupsi, itu harus dilakukan,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Ahad (15/10).

Selain itu, ia juga menekankan agar Anies-Sandi memenuhi hak asasi warga Jakarta. Menurutnya, salah satu kritikan aktivis kemanusiaan terhadap Gubernur DKI sebelumnya, Ahok, adalah soal pelanggaran HAM.

“Ia (Ahok.red) sering dinilai melanggar HAM dan tidak menghormati konstitusi,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan bahwa dulu, beberapa pernyataan dan kebijakan Ahok dinilai banyak melanggar HAM. “Ahok sempat mengejek konstitusi dengan mengasosiasikan jaminan perlindungan HAM yang diatur dalam UUD 1945 sebagai ‘HAMburger’,” terangnya.

Bahkan, lanjutnya, beberapa kebijakan Ahok juga melanggar HAM. Di antaranya penggusuran paksa yang mengakibatkan sekitar 3.866 Kepala Keluarga (KK) di DKI Jakarta kehilangan tempat tinggal dan mata pecaharian.

“Maka Gubernur-Wakil Gubernur Anies-Sandiaga wajib hukumnya mewujudkan janji kampanye politiknya terkait soal penegakan dan pemajuan HAM warga Jakarta. Sejarah kemanusiaan menuntut bukti,” tandasnya.(arya/panji)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.