Anies: Republik Ini Didirikan Atas Peran Santri

Anies: Republik Ini Didirikan Atas Peran Santri
Anies: Republik Ini Didirikan Atas Peran Santri

Santri memiliki peran penting dalam menggapai kemerdekaan negeri ini. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan berdirinya Negara Indonesia tidak lepas dari peran para santri.

Hal itu ia sampaikan usai menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2017 di Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (21/10) malam.

"Kita memperingati untuk kembali menyadari bahwa republik ini tidak didirikan dengan gratis, tapi didirikan lewat hibah nyawa, hibah tenaga, darah air mata dari puluhan ribu orang. Dan di situ peran para santri luar biasa," kata Anies kepada wartawan di halaman Masjid KH Hasyim Asyari.

Anies menambahkan, sesudah ada maklumat dari KH Hasyim Asyari, puluhan ribu orang menghibahkan tenaga, pikiran, bahkan nyawanya. "Itu semua kita kenang heroisme yang terjadi di Surabaya. Tapi di balik itu ada sebuah gerakan massal. Waktu itu blm ada SMS, WA, menggerakan puluhan ribu ratusan ribu semua orang bergerak," katanya.

Ia berharap ke depan dirinya bersama dengan para santri dan seluruh warga Jakarta bisa meneruskan perjuangan KH Hasyim Asyari. "Tadi saya menerima pataka dan amanatnya saya sampaikan kepada semua, Insya Allah kita akan kerja sama-sama terus buat Jakarta yang lebih baik," ucap Anies. (anya/rep)
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.