Polisi: Kabarnya Wortel dari Bibit Ilegal Asal China Berbahaya

Polisi: Kabarnya Wortel dari Bibit Ilegal Asal China Berbahaya
Polisi: Kabarnya Wortel dari Bibit Ilegal Asal China Berbahaya


Banjarnegara, Kabarsatu - Polres Banjarnegara masih mendalami mendalami penanaman wortel dari bibit ilegal asal China. Untuk itu polisi melakukan uji lab pada tanah dan wortel yang ditanam oleh petani di Banjarnegara.

"Karena beredar kabar kalau wortel yang bibitnya dari China ini mengandung zat berbahaya," ujar Kapolres Banjarnnegara AKBP Nona Pricillia Ohei dalam jumpa pers di sebuah posko warga, Banjarnegara, Senin (28/8/2017).

Nona Pricillia Ohei mengatakan, saat ini tim Bareskrim Polri tengah melakukan uji laboratorium.

"Kami masih menunggu hasil uji laboratorium," imbuhnya.

Menurutnya, wortel tersebut sempat dipanen sebanyak 3,5 ton yang dikirim ke Surabaya. Sebelumnya polisi telah mengamankan distributor di Surabaya.

Petani wortel yang menanam bibit asal China kini mengaku pasrah. Seharusnya saat ini mereka sudah memasuki masa panen.

"Masa usia tanam sudah tiga bulan. Mestinya sekarang wortelnya sudah dipanen," ujar salah seorang petani di Desa Batur Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Fanani, Sabtu (26/8).

Fanani menanam bibit ilegal itu di lahan miliknya seluar 7 ribu meter persegi. Dikatakannya, bibit wortel asal China tersebut ditanam di 8 lokasi milik beberapa petani. Sebagian berada di Kecamatan Batur, sebagian lagi di Kecamatan Pejawaran. Sedangkan luas keseluruhan, Fanani menyebutkan sekitar 4 hektar.[detik/fatur]
Berita Menarik Lainnya:
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.