Jokowi Sambut Sekjen Partai Komunis Vietnam di Istana Merdeka

Jokowi Sambut Sekjen Partai Komunis Vietnam di Istana Merdeka


Jakarta, Kabarsatu - Presiden Joko Widodo  atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (PKV) Nguyen Phu Trong. Kedatangan Nguyen Phu disambut dengan upacara Kenegaraan.

Nguyen tiba di Istana Merdeka, Jakarta sekira pukul 10.36 WIB. Jokowi yang mengenakan setelah jas hitam sudah menunggu  di sisi Timur Istana Merdeka.

Penyambutan ini sedikit berbeda. Biasanya, ada pasukan Nusantara yang mengiringi tamu negara masuk ke dalam Istana. Kali Nguyen Phu hanya disambut pasukan di pintu masuk.

Upacara kenegaraan pun dimulai. Lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan. Dentuman meriam 21 kali berbunyi selama lagu kebangsaan dinyayikan.

Keduanya kemudian melakukan pemeriksaan pasukan. Jokowi lalu mengajak Nguyen Phu ke ruang Kredensial.

Keduanya saling bersalaman untuk diabadikan oleh awak media. Nguyen Phu lalu mengisi buku tamu sampai akhirnya menuju ke ruang utama Istana Merdeka untuk melanjutkan pertemuan bilateral.

Sistem Mono Partai

Republik Sosialis Vietnam menganut sistem mono partai. PKV  adalah entitas politik tertinggi.

Sekjen PKV adalah bagian integral dari eksistensi negara. Karena itu, sekjen sebagai pemimpin tertinggi PKV memiliki kewenangan dan kekuasaan politik tertinggi melampaui presiden dan perdana menteri.

Jokowi terima kunjungan kenegaraan Sekretaris Jendetal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong
Kunjungan kenegaraan ke Indonesia akan dilakukan pada 22-24 Agustus 2017. Tidak hanya bertemu dengan Jokowi, Trong juga akan berkunjung ke MPR, DPR, dan DPD untuk bertemu dengan pimpinan institusi itu.

Sebelumnya pada 14 September 2011, Perdana Menteri (PM) Vietnam sekaligus Member of Politbiro untuk PKV Nguyen Tan Dung melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Kemudian pada 27 Juni 2013 Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Ibu Negara Mai Tinh Hanh melakukan Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia. Presiden Truong Tan Sang pernah menjabat sebagai Executive Committee untuk PKV.[liputan6/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.