Sambangi Ankara, Jokowi Kunjungi Makam Pendiri Republik Turki

Sambangi Ankara, Jokowi Kunjungi Makam Pendiri Republik Turki


ANKARA, Kabarsatu – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi  makam presiden pertama serta pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, pada hari kedua lawatan kenegaraannya. Jokowi turut didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan deretan pejabat dalam Kabinet Kerja.

Sebagaimana dilansir dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Kamis (6/7/2017), Jokowi bersama rombongan tiba di Mausoleum Ataturk pada Kamis pagi waktu setempat. Berada di depan makam sang pendiri Republik Turki, Presiden RI kemudian meletakkan karangan bunga merah putih. Jokowi dan rombongan juga mengheningkan cipta serta mengisi buku tamu di kantor Mausoleum Ataturk.

Mustafa Kemal Ataturk merupakan sosok yang secara ideologi membawa Turki menjadi lebih modern dan menerapkan sistem sekularisme. Menjadi presiden pertama Turki pada 1923, Ataturk membawa perubahan besar di bidang ekonomi, politik dan budaya. Salah satu peran utamanya adalah menjadikan pendidikan dasar sebagai hal yang wajib dan gratis di Turki.

Setelah mengunjungi makam pendiri Republik Turki, Jokowi dan rombongan menuju masjid terbesar di Kota Ankara, Masjid Kocatepe Jamii. Di sana, Jokowi dan Ibu negara juga menyempatkan diri untuk menyapa para warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menanti kedatangan sang Presiden RI.[ok/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.