Program Pajak Kacau, Sri Mulyani Panik?

 Program Pajak Kacau, Sri Mulyani Panik?
 Program Pajak Kacau, Sri Mulyani Panik?
Menteri Keuangan, Sri Mulyani


Jakarta, Kabarsatu --Menteri Keuangan, Sri Mulyani, diduga sedang sangat panik terkait realisasi penerimaan perpajakan.

Langkah-langkahnya dianggap makin tak terarah, bahkan menandakan kemunduran.

Kemarin diberitakan bahwa Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan berencana memeriksa 5.000 peserta program pengampunan pajak (tax amnesty).

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP, Angin Prayitno Aji, mengatakan, pemeriksaan dilakukan karena para peserta melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan perjanjian yang tertuang dalam tax amnesty.

Sebagian kalangan mengatakan, kebijakan itu menandakan kemunduran. Dipertanyakan, mengapa para peserta tax amnesty masih terus dikejar-kejar, sementara mereka yang tidak ikut amnesti dibiarkan oleh pemerintah.

Dalam forum terbatas yang membahas situasi ekonomi terkini, pemerintah dianggap melanggar janjinya dulu bahwa yang ikut amnesti tidak akan diperiksa lagi. Ada pula beberapa pihak yang menyebut Sri Mulyani sudah panik.

Pemeriksaan terhadap peserta tax amnesty diklaim diperkenankan oleh UU Tax Amnesty. Bila ditemukan harta yang belum dilaporkan, wajib pajak akan mendapat sanksi lebih berat.

Namun, Kementerian Keuangan menjamin pemeriksaan hanya akan dilakukan kepada wajib pajak yang sudah ikut tax amnesty tapi tidak memiliki komitmen untuk menjadi lebih patuh. [rol/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.