Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Ajak Umat Islam Jihad Ekonomi Bantu Ekonomi Umat

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Ajak Umat Islam Jihad Ekonomi Bantu Ekonomi Umat


Bojonegoro, Kabarsatu – Najib Hamid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur mengajak umat Islam untuk melakukan jihad ekonomi untuk menolong ekonomi umat yang saat ini banyak yang hidup dalam kemiskinan, sehingga akidahnya terancam.

Najib menyerukan semangat kepedulian sosial di masyarakat, terutama di bidang ekonomi. Dia menambahkan bahwa sejatinya sebagai umat Islam, harusnya kepeduliannya terhadap sosial lebih digaungkan. Dengan hal itu, ibadah ritual tidak hanya dilakukan namun juga berimbas pada perubahan sosial yang positif di masyarakat.

“Ramadan selain berfungsi untuk mengontrol diri adalah untuk membangun dan mengetuk kepedulian kita” terangnya dalam khutbah Idul Fitri di halaman kecamatan Sumberejo, Bojonegoro yang dikutip oleh laman Muhammadiyah.or.id, pada Ahad (25/6).

Di akhir khutbahnya, Najib menghimbau untuk diadakan jihad sosial ekonomi dengan memberikan sumbangsih bagi perubahan sosial di lingkungan masyarakat.

“Kami punya obsesi, jika semua komunitas seperti ini (memberikan sedikit rezeki untuk sekitar). Jamaah-jamaah mau sedikit berkeringat untuk membangun kepeduliannya. Dengan dikoordinir secara rapi, inshaallah tidak hanya menolong ekonomi jamaah, tetapi juga menolong akidah jamaa” tuturnya.

Najib juga menyinggung kegiatan pemurtadan dan pemiskinan yang berjalan masif di Blitar dan Surabaya, yang berimbas pada mengikisnya akidah jamaah.

“Di Blitar gerakan pemurtadan belajar masif. Di Surabaya gerakan kemiskinan juga berjalan masif. Banyak kaum muslimin, yang untuk bisa bertahan hidup harus berjualan di pasar-pasar rakyat. Tapi untuk berjualan mereka butuh modal. Dan modal itu didapat itu dari rentenir.” ujar Najib.[swa/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.