Yasonna Sebut Karena Ada Napi Teroris Sebab Ahok Batal ke LP Cipinang

Yasonna Sebut Karena Ada Napi Teroris Sebab Ahok Batal ke LP Cipinang
Menkumham Yasonna Laoly


Jakarta, Kabarsatu - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menegaskan jika terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diputuskan untuk tetap ditahan di Rumah Tahanan Markas Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Depok.

Yasonna mengklaim dititipkannya Ahok ke Mako Brimob bukan keistimewaan melainkan murni karena alasan keamanan meskipun secara administratif kata Yasonna Ahok terdaftar di Lembaga Permasrayakatan (LP) Cipinang.

"Secara administratif terdaftar di LP Cipinang, tapi secara fisik Ahok di Rutan Mako Brimob Polri Karena alasan keamanan," kata Yasonna kepada wartawan di Jakarta, Kamis (22/6).

Poitisi PDIP ini mengakui jika kasus penodaan agama dipastikan akan menuai perbedaan pendapat antara pihak yang pro dan kontra. Perbedaan itu juga terjadi di antara penghuni LP Cipinang.

"Misalnya di LP Cipinang ada pendukung Ahok, ada non pendukung Ahok. Bisa juga di antara mereka gara-gara yang satu teriak 'hidup Ahok', yang lainnya marah. Nanti jadi ribut," ujar Yasonna.

Selain itu, banyak narapidana kasus terorisme yang mendekam di LP Cipinang. Keberadaan Ahok di lingkungan mereka juga bisa menimbulkan potensi gangguan keamanan.

"Apalagi, berdasarkan informasi dari Polri, ancaman terhadap Ahok baik verbal atau nonverbal sangat tinggi," kata Yasonna.

Belum lagi kata Yasonna alasan kalau ada demonstrasi di sekitar LP Cipinang yang akan menyulitkan.

"Kami tidak mau mengambil risiko yang mempersulit," demikian Yasonna.[rol/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.