Menlu Saudi Tegaskan Tidak Ada Blokade Terhadap Negara Qatar

 Menlu Saudi Tegaskan Tidak Ada Blokade Terhadap Negara Qatar


WASHINGTON (kabarsatu)  - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyatakan, tidak pernah ada blokade terhadap Qatar. Pernyataan Jubeir ini merupakan respon atas ucapan CEO Qatar Airways yang menyebut Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain telah melanggar hukum internasional dengan menutup jalur penerbangan Qatar.

Berbicara paska melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) di Washington, Jubeir menyatakan, ia menolak gagasan akan adanya blokade terhadap Qatar, dan menyebut itu adalah hak Saudi untuk menutup wilayah udara mereka bagi satu pihak.

"Penutupan wilayah udara kami untuk penerbangan dari Qatar adalah hak kedaulatan kerajaan," kata Jubeir dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Strait Times pada Rabu (14/6).

Terkait dengan blokade, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam hal tersebut. Ia menggambarkannya sebagai tidak manusiawi dan bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Erdogan mengatakan, keputusan yang diambil oleh Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir untuk memutuskan semua hubungan dengan Qatar seperti hukuman mati.

Hal itu diungkapkan Erdogan dalam sebuah pidato di sebuah pertemuan parlemen di Ankara. Erdogan mengatakan metode yang digunakan oleh negara-negara tetangga Qatar tidak dapat diterima.[sin/mmc]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.