Pakar Kelautan ITB: Reklamasi Akan Memperparah Banjir Bisa Menenggelamkan Jakarta

Pakar Kelautan ITB:  Reklamasi Akan Memperparah Banjir Bisa Menenggelamkan Jakarta


Jakarta (kabarsatu)  - Pakar teknik kelautan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Muslim Muin, mengungkapkan proyek reklamasi dan pembangunan Giant Sea Wall di Teluk Jakarta malah berpotensi memperparah banjir di Jakarta.

"Secara fisik kalau di keruk gelombangnya jadi kemana dia, kalau pulau-pulau kita hilang akan menghajar pantai kan," kata Muslim saat diskusi Tolak Reklamasi Teluk Jakarta di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Muslim menjelaskan, air laut di Jakarta tidak mungkin naik ke daratan, karena yang ada saat ini malah daratan yang cenderung turun atau mengali pergeseran. Reklamasi, kata Muin, justru akan menghambat aliran air dari 13 sungai ke Teluk Jakarta.

"Saya melihat banyak yang memutar balikan fakta dan logika bahwa reklamasi akan melindungi Jakarta dari tenggelam itu kan tidak benar," tegas Muslim.

Solusi untuk mengatasi banjir, tegas Muslim bukan demgan cara reklamasi tapi dengan membuat tanggul pantai guna mencegah penurunan daratan.

"Reklamasi itu bukan solusi untuk penurunan muka tanah. Solusinya cukup buat tanggul pantai yang mengalami penurunan. Kan tidak semua pantai yang mengalami penurunan," pungkasnya.[ok/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.