Jokowi Sebut Umat Islam Diberi Ruang Yang Sangat Baik di RRT (China)?

Jokowi Sebut Umat Islam Diberi Ruang Yang Sangat Baik di RRT (China)?


Beijing (kabarsatu)  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kebahagiaannya karena umat Islam asal Indonesia yang berada di Tiongkok diperhatikan dan diperlakukan dengan baik oleh pemerintah RRT.

"Yang pertama saya sangat senang dan bahagia bahwa umat Muslim Indonesia yang berada di sini sangat didukung dan diberikan ruang yang sangat baik oleh pemerintah Tiongkok," kata Jokowi usai bertemu Presiden Asosiasi Muslim RRC Yang Faming di kompleks Masjid Niujie, Beijing, Minggu (14/5/2017).

Dalam pertemuan tertutup itu, Jokowi merasa terkejut setelah mendapatkan informasi bahwa umat Islam yang ada di daratan Tiongkok tersebut mencapai angka 23 juta jiwa.

Sementara itu, jumlah masjid di Beijing mencapai 70 bangunan. Untuk di seluruh daratan Tiongkok, terdapat sebanyak 23 ribu bangunan masjid.

"Terus terang saya baru tahu dan sangat kaget karena ini jumlah yang saya kira tidak sedikit," ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI ini menuturkan bahwa relasi budaya Islam antara Indonesia dengan Tiongkok sudah berlangsung sejak abad ke-15.

"Pada abad itu Muslim Tiongkok datang ke Indonesia untuk berdagang dan mereka mendarat di Jawa, seperti di Lasem (Jateng) dan tempat lain di Indonesia, di Palembang (Sumsel)," paparnya.
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut menyampaikan salam takzimnya kepada seluruh umat Islam yang ada di daratan Tiongkok.

"Tadi melalui Bapak Imam (masjid) dan Bapak Ketua (Presiden Asosiasi Muslim RRC) saya sampaikan salam saya untuk umat Islam di Tiongkok," tandasnya. [in/fatur]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.