Ahoker yang Hina Jokowi di LP Cipinang, Veronica Resmi Dipolisikan

Ahoker yang Hina Jokowi di LP Cipinang, Veronica Resmi Dipolisikan


Jakarta (kabarsatu)  - Veronica Koman, salah satu massa pendukung gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Ia dilaporkan lantaran orasinya membandingkan rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kendati awalnya ia dipersoalkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, namun Veronica justru dilaporkan oleh seseorang bernama Kan Hiung (36).

Menurut Kan, pelaporan tersebut dilakukan karena sebagai warga negara Indonesia, ia merasa tersinggung atas orasi Veronica beberapa waktu lalu di depan Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur.

"Saya sebagai rakyat Indonesia merasa dirugikan karena Presiden adalah simbol negara yang harus dihormati. Kalau semua orang bebas berorasi dan teriak-teriak menghina Presiden kita, apa kata dunia," ujar Kan saat dikonfirmasi, Sabtu (13/5/2017).

Saat membuat laporan, Kan didampingi penasihat hukumnya, Ferry Juan. Kan juga membawa beberapa barang bukti berupa satu keping CD berisi rekaman orasi Veronica, serta beberapa potongan gambar pemberitaan di media online.

Veronica dilaporkan atas kasus kejahatan terhadap kekuasaan umum dan terancam Pasal 207 KUHP. Laporan itu tertuang dalam nomor LP/2319/V/2017/PMJ/ Dit.Reskrimum, Tanggal 13 Mei 2017.

"Disitu dia (Veronica Koman) teriak-teriak, tidak ada penistaan agama, yang ada adalah peradilan yang nista, hakim yang nista, itu kan kalimat yang menyesatkan. Presiden Joko Widodo saja sudah mengumumkan bahwa seluruh rakyat Indonesia agar menghargai putusan majelis hakim soal kasus Ahok," ujarnya.

Sebelumnya, orasi Veronica di Rutan Cipinang menjadi polemik setelah Mendagri Tjahjo Kumolo menyebarkan identitas Veronica ke grup WhatsApp awak media. Tjahjo meras tak terima dengan Veronica lantaran menyebut rezim Jokowi lebih parah dibanding SBY.

Sementara itu, Veronica masih enggan menanggapi hal tersebut. "Saya belum mau berkomentar dulu yah. Nanti pasti saya sampaikan. Tapi (tidak saat ini), nanti dulu ya saya enggak ada komentar," ujar Veronica saat dihubungi Okezone, Kamis 11 Mei 2017.[okzone/ART]
Sign out
Baca Juga ×
Diberdayakan oleh Blogger.